Sabtu, 22 September 2012

Mengapa Anda Malas


Do You Know?Mengapa Anda Malas?Siapa pun pasti pernah merasakan malas kan? Jadi, apakah Anda sudah mengetahui sebab Anda malas? Atau mungkinkah Anda hanya tahu bahwa Anda sedang malas? Dan malas itu sebenarnya apa? Nah, Anda semua tentu tidak ingin terus terjangkit penyakit malas kan?

Malas diartikan sebagai tidak mau berbuat sesuatu, segan, tak suka, tak bernafsu. Akibat dari malas, kita jadi sering menunda-nunda pekerjaan. Anda akan selalu berpikir bahwa besok dan besok akan bisa menyelesaikannya. Tapi hal itu justru membuat Anda semakin malas! Anda akan terus berpikir bahwa masih ada banyak waktu lagi, dan akhirnya menunda-nunda pekerjaan akan menjadi kebiasaan  Anda. Lalu, apa Anda pernah merasa tidak untung atau rugi untuk melakukan sesuatu? Hal itu juga salah-satu faktor yang membuat Anda jadi malas. Jika Anda merasa tidak berguna melakukan pekrjaan itu, coba Anda pikirkan lagi baik-buruknya jika tidak melakukan pekerjaan itu. Malas juga bisa terjadi bila Anda sudah terlalu nyaman dengan keadaan sekarang.  Misalnya jika Anda berada di ruangan ber-AC akan merasa enggan untuk keluar.

 Sangat banyak alasan kita untuk malas tapi sebenarnya malas hanya disebabkan karena kita tidak memiliki tujuan. Bukan sekedar tujuan saja, tapi tujuan yang menggairahkan. Kita seringkali punya tujuan, tapi tujuan itu tidak punya gairah alias hanya sekedar keinginan saja.

Jadi, bagaimana dengan solusinya??

1.                    Ganti “Kapan Selesainya” dengan “Saya Mulai Sekarang”
Bila kita akan mengerjakan suatu tugas, kita akan cenderung memikirkan rumitnya tugas itu lebih dahulu. Tetaplah focus mengerjakan tugas itu. Bila tugas itu terlalu banyak, Anda bisa membagi-bagi tugas itu menjadi bagian-bagian kecil dan mengerjakannya satu demi satu bagian. Katakan setiap kali Anda bekerja: “Saya mulai sekarang”.
Cara pandang ini akan menghindarkan Anda dari perasaan terbebani, stress, dan kesulitan. Anda membuat sederhana tugas didepan Anda dengan bertindak positif. Fokus Anda hanya pada satu hal pada satu waktu, bukan banyak hal pada saat yang sama.

2.                   Ganti “Saya Harus” dengan “Saya Ingin”
Berpikir bahwa Anda harus mengerjakan sesuatu secara otomatis akan mengundang perasaan terbebani dan Anda jadi malas mengerjakannya. Anda akan mencari seribu alasan untuk menghindari tugas tersebut. Jadi, Anda bisa mengganti “saya harus mengerjakannya” dengan “saya ingin mengerjakannya”. Cara pikir seperti ini akan menghilangkan mental blok dengan menerima bahwa Anda tidak harus melakukan pekerjaan yang Anda tidak mau.

3.                   Anda Bukan Manusia Sempurna
Berpikir bahwa Anda harus menyelesaikan pekerjaan sesempurna mungkin akan membawa Anda dalam kondisi mental tertekan. Akibatnya Anda mungkin akan malas memulainya. Anda harus bisa menerima bahwa Anda pun bisa berbuat salah dan tidak semuanya harus sempurna.


Kemalasan merupakan sesuatu yang normal dalam hidup Anda. Karena dia normal maka dia pun bisa diatasi. Tiga tips diatas bisa menjadi awal untuk berpikir dan bertindak berbeda dari biasanya sehingga Anda tidak menyia-nyiakan kesempatan yang datang hanya karena malas mengerjakannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar